Prague, Czech Rep. dengan kamera Zorki 6

Hari pertama di Praha

Praha atau Prague kata orang Inggris, ibu kota Republik Ceko. Dulu adalah ibu kota Cekoslovakia, sebelum negara ini pecah menjadi Republik Ceko dan Slovakia (dengan ibu kota Bratislava). Akhirnya gua datang k ekota ini juga, setelah bertahun-tahun mendengar cerita bapak gua, yang pernah kuliah disini sebelum g30s PKI meletus.

Penginapan gua dan Eva, gak terlalu jauh dari Prague Old Town, cukup dengan naik trem satu kali. Easy Hotel didaerah Praha-Holešovice zastávka  trem stasiun. Dan tidak jauh juga dari stasiun bis antar kota. Setelah berjuang mencari lokasi hotel ini, dikarenakan lokasi yang sedikit terhalang dari jalan, hotel ini susah ditemukan, meskipun berada dilokasi yang strategis, ditambah kesulitan membaca signange tulisan dalam bahasa Ceko. Dengan kamar yang super duper mini, nyaris tidak ruang untuk menaruh tas kami. Bersyukur ranjangnya sangat nyaman utuk tidur setelah seharian keliling berjalan kaki.

Hari pertama setelah tiba malam hari di hotel dari Berlin, kami memutuskan untuk tidur dahulu, tentu setelah mengeluarkan kompor listrik dan memasak makan malam. Setelah kenyang, brosing-brosing sebentar dan tidur.

Hari kedua

Pertama tentu sarapan dan menyiapkan bekal makan siang, itu jurus manjur jalan-jalan kita. Dari hasil brosing-brosing tadi malam, kami mengetahui bahwa lokasi stasiun trem tidak jauh, hanya gua belum tau dimana dapat membeli tiketnya. Di lobby gua bertanya soal itu kepada FO, seorang laki-laki yang berpakaian syariah Yahudi (hehehe) dan diberitahu bahwa tiket dapat dibeli di tokok rokok atau kelontong dimanapun. Ok sip … mulailah perburuan tiket. Tidak jauh dari hotel kami menemukan toko kelontong Vietnam (akan banyak ditemuin didaerah Praha Old Town). Tadi malam gua gua udah kesini untuk menanyakan jalan, hanya si ibu pemilik kelontong ketus dan tidak mau bicara dan ngusir gua. Dan pagi ini gua masuk untuk beli tiket trem. Hasilnya adalah, mereka tidak jual tiket (ini imigran vietnam boohong). Akhirnya gua memutuskan jalan dan tidak naik trem menuju Praha Old Town.

Cerita anak imigran vietnam yang baik hati.
Pada malam kedatangan di Praha, gua sempat bertanya alamat hotel di toko kelontong vietnam yang ternyata hanya 50 meter dari hotel yang kami cari, hanya tanggapan menurut gua rasis dengan bahasa tubuh yang meminta gua untuk keluar. Tentu perempuan itu gak pake bahasa inggris. Didalam toko itu ada anak laki-laki, sekitar 12 tahunan. Gua segera keluar toko dan gua ceritain kejadian itu ke Eva. Menerima perlakuan rasis di sebuah kota di Eropa dari orang Asia juga, agak absurd rasanya. Setelah beberapa meter, anak laki-laki dari toko kelontong itu mengejar kami. Rupanya dia mencoba memberitahu alamat yang kami cari, tapi ada halangan bahasa jadi ujungnya tidak ketemu juga alamat yang kami cari. Tapi gua bersyukur, anak-anak memang belum teracuni otaknya.

Foto di halaman ini gua ambil dengan kamera zorki dan lensa industar tahun 60an. Jadi agak soft dan warna dari film kodak berkesan jadul.

tags: prague, praha, prag, czech, ceko, eropa, timur, east, europe, travel, photography
Foto-foto perjalanan gua dan Eva ke Praha, dengan kamera Zorki 6, yang baru gua beli di toko kamera bekas beberapa waktu sebelumnya di Praha.

prague-prag-praha-zorki-6-analog-film-travel-photography-best-must-see-old-city-czeh-ceko-9332-zorki-6
Pilgrim in Old Town Prague
prague-prag-praha-zorki-6-analog-film-travel-photography-best-must-see-old-city-czeh-ceko-9331-market
Old market
prague-prag-praha-zorki-6-analog-film-travel-photography-best-must-see-old-city-czeh-ceko-9333-zorki-6
Snapshot with old new camera Zorki 6
prague-prag-praha-zorki-6-analog-film-travel-photography-best-must-see-old-city-czeh-ceko-9334-lamp-sky
Old lamp in Old Town
prague-prag-praha-zorki-6-analog-film-travel-photography-best-must-see-old-city-czeh-ceko-9337-river-boat
Over the bridge
prague-prag-praha-zorki-6-analog-film-travel-photography-best-must-see-old-city-czeh-ceko-sky
Charles Bridge

tags: prague, praha, prag, czech, ceko, eropa, timur, east, europe, travel, photography, zorki 6, russia camera, analog, rangefinder, film

Leave a Reply

